PERMASALAHAN SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR

Manusia adalah makhluk sosial. Apa yang dimaksud dengan makhluk sosial? Yang dimaksud makhluk sosial adalah manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan manusia lain untuk bisa hidup. Bahkan masalah yang cukup sederhana tetap membutuhkan orang lain, misalnya kita memakai baju, baju tidaklah langsung berbentuk baju melainkan berasal dari sebuah kapas yang dipilin menjadi sebuah benang kemudian di jadikan kain dan di jahit menjadi baju, kita tak melakukan itu sendirian ada orang lain yang melakukan itu.

Manusia dibagi menjadi 2 jenis sifat yaitu baik dan buruk.Lingkungan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi sifat seseorang. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar karena masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi sifat seseorang. Sebagian besar orang berpendapat orang kampung dan orang perkotaan memiliki sifat yang berbeda. Orang beranggapan orang dari kampung memiliki sifat sosial yang tinggi karena mereka lebih sering berkomunikasi dengan tetangga, mereka lebih tau bagaimana cara bersosialisasi, cara menghormati orang lain ,dan lebih saling mengerti. Sedangkan pendapat banyak orang mengenai orang kota berkebalikan dari orang kampung. Dari segi yang cukup sederhana dapat terlihat jelas perbedaanya, yaitu komunikasi. Masyarakat kota kurang perduli dengan lingkungan sekitarnya mereka cenderung acuh. Mungkin itu terjai karena mereka memiliki benyak kesibukan yang membuat mereka tak ada waktu untuk bersosialisasi. Di lingkungan baru yang saya tinggali saat ini saya mengalami sebuah hal yang cukup membosankan "kesepian di tengah keramaian". Mungkin hal itu terjad karena saya sendiri yang kurang pandai bergaul di lingkungan baru saya.
Orang yang memiliki karakter tidak peduli dengan keadaan sekitar itu sangat memprihatinkan. Karena jika terjadi sesuatu orang yang paling dekat untuk kita minta tolong adalah kepada ketetangga. Di lingkungan sekitar pun juga ada masyarakat yang mendirikan bangunan rumah besar dan megah di dekat dengan pemukiman penduduk menengah kebawah. Ini dapat menyebabkan kecemburuan social di masyarakat. Para masyarakat yang susah mencari makan dan menghidupi keluarga nya harus sering melihat kemewahan dan kekayaan orang lain yang lebih bisa menggapai segalanya dengan uang. Tentu masalah ini dapat menyebabkan kesenjangan sosial yang ada dimasyarakat kita. Contoh nya adalah banyak nya tindakan kriminal seperti pencurian, perampokan dan perampasan. Maka jangan salahkan mereka yang melakukan tindakan kriminal seperti itu. Mungkin mereka melakukan itu karena tuntutan perut dan mereka terlalu banyak melihat kemewahan dan kekayaan milik orang lain sehingga mereka harus melakukan itu agar dapat mengisi perut mereka yang kosong.
Permasalahan sosial yang banyak terjadi dilingkungan sekitar adalah masalah pengangguran. Mungkin tak hanya terjadi  di sekitar saya. Hal ini disebabkan disebabkan banyaknya para pencari kerja tetapi sedikit nya lapangan kerja yang tersedia dan dari kualitas manusia itu sendiri yang kurang mencukupi. Dapat kita lihat generasi sekarang cenderung hanya ingin bersenang-senang tanpa memikirkan masa depan mereka. Lebih mengutamakan kesenangan sesaat dari pada harus menghabiskan waktu untuk belajar, itu lah yang membuat masa depan mereka terancam. Narkoba dan free sex adalah dua faktor penghancur masa depan mereka, banyak pemuda tergoda hal tersebut sehingga kehidupan mereka mengarah ke masa depan yang gelap. Setelah mereka berkeluarga namun tak berpenghasilan tetap apapun akan di lakukan bahkan tak segan melakukan kejahatan.
Jadi permasalahan sosial di sebuah lingkungan dipengaruhi beberapa faktor seperti : kemiskinan, tingkat pendidikan rendah, tindakan criminal, penganggura, pergaulan dll. Itu beberapa contoh yang saya tau masih banyak faktor-faktor lain di luar sana. 
Agar tidak terjerumus ke hal yang demikian hati-hati dalam bergaul. Pandai-pandailah dalam memilih teman, karena teman sangat berpengaruh pada pribadi kita..
demikian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat..

Komentar